On Solid Rock

qna@onsolidrock.org

Apakah Benar Dia Pasangan Yang Tuhan Siapkan Bagiku?

Author By
On Solid Rock Indonesia

 

Pertanyaan seperti ini tentunya menjadi pertanyaan bagi setiap kita yang sedang mempertimbangkan untuk membawa hubungan kita ke tahap yang lebih serius, yaitu pernikahan. Dengan komitmen setia kepada janji nikah seumur hidup kepada Tuhan, tentunya menjadi amat penting untuk kita mendapat jawabannya sebelum membuat komitmen nikah. Tetapi benarkah kita bisa mendapatkan jawaban yang solid dan memuaskan kita atas pertanyaan ini?

 

Dalam pengalaman kami pribadi maupun melihat dari kisah pernikahan orang orang yang kami layani, kami sampai kepada kesimpulan bahwa untuk kita bisa mendapatkan keyakinan apakah dia pasangan yang Tuhan sudah siapkan bagi kita, kita perlu memperhatikan 3 area utama sebagai bahan pertimbangan dasar, yaitu:

 

  1. Apa dan di mana posisi Tuhan dalam kehidupannya. (Kolose 1:17-20)

 

Seseorang yang menjadikan Tuhan sebagai Tuan bagi kehidupannya, otomatis akan menjadikan Tuhan sebagai pusat dari kehidupannya. Perilaku yang menjadikan Tuhan sebagai Tuan dalam kehidupan seseorang sangat mudah untuk diidentifikasi, yaitu dari sikap, perilaku dan tutur bahasanya ketika berada dalam tekanan atau sedang menghadapi permasalahan.

 

Mengapa ini penting? Karena inilah common groundatau landasan bersamabagi pasangan dalam menjalani pernikahan. Ketika pasangan merencanakan sesuatu, memutuskan sesuatu, berselisih paham, atau menghadapi permasalahan apapun, maka masing masing atau bersama sama, dapat selalu kembali kepada landasan bersama ini dalam upaya menyatukan pandangan, agar apa yang dihadapi dapat diresponi dengan kesatuan hati.

 

  1. Apakah dia memilikki hati yang teachable – mau di ajar. (Amsal 19:20)

 

Seseorang yang teachable memilikki keterbukaan hati terhadap ajaran dan teguran, sehingga ia akan lebih mudah bertumbuh dengan cepat.

 

Mengapa ini penting? Menjalani kehidupan pernikahan membutuhkan kedewasaan dan kekuatan bersama untuk menghadapi setiap tantangan dan rintangan dalam perjalanannya. Proses ini akan menjadi jauh lebih ringan dan memberi arti yang besar bagi pertumbuhan, ketika bersama sama bersedia untuk saling mengingatkan dan diingatkan, saling belajar dan diajar.

 

  1. Apakah dia memilikki daya juang yang tinggi. (Yakobus 1:12)

 

Seseorang dengan daya juang tinggi biasanya menunjukkan sikap yang tidak takut kerja keras, serta tekad dan disiplin yang nyata. Dia juga biasanya adalah orang yang tidak mudah menyerah pada situasi dan selalu berusaha mencari cara untuk mencapai tujuan.

 

Mengapa ini penting? Musim kehidupan yang silih berganti memberikan tantangan yang berbeda beda bagi kita, demikian juga dalam kehidupan pernikahan. Sebagai pasangan kita harus senantiasa siap untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam menghadapinya. Situasi yang berat akan terasa lebih berat apabila kita harus memikulnya sendirian, dan tentunya kita juga akan semakin terbebani dengan kefrustrasian serta kekecewaan ketika kita tidak menerima dukungan sebagaimana yang dibutuhkan.

 

Ketiga point di atas adalah hal hal yang secara realistik bisa kita lakukan sebagai bagian kita dalam memproses keputusan kita. Selebihnya, untuk hal hal yang di luar kemampuan yang bisa kita lakukan, kita harus menyerahkan dan mempercayakannya kepada Tuhan untuk menolong kita. Dengan membiasakan untuk senantiasa berkonsultasi dengan Tuhan melalui doa dan perenungan firman atas segala hal yang kita pikirkan dan pertimbangkan, maka kita juga sedang membangun kepekaan atas tuntunan Tuhan. Bila kita lakukan kedua hal ini dalam proses kita mengambil keputusan, maka keputusan yang kita ambil senantiasa ada dalam pengawasan Tuhan.

 

Apakah dengan menerapkan prinsip prinsip ini dalam menetapkan keyakinan bahwa dia adalah calon pasangan yang dari Tuhan, berarti pernikahan kita akan otomatis berjalan mulus? Tentu saja tidak. Mengapa? Anda bisa merenungkan jawabannya dengan membaca artikel kami di halaman ADVICE, berjudul “Mungkinkah Kita Salah Memilih Pasangan.”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *